Retno Damayanthi

…my hope, thoughts, and inspiration.

Otak-otak Pembawa Derita

Pada hari Lebaran ke-2 (02/10/2008) pagi, saya berinisiatif menggoreng otak-otak goreng yang saya beli di supermarket. Kurangnya pengalaman dalam hal goreng menggoreng membuat saya tertimpa musibah. Otak-otak yang saya goreng meletus…dhuuaarr….minyak di wajan muncrat (eh ini bahasa Indonesia apa bukan ya?) mengenai wajah dan tangan saya. Menimbulkan bercak-bercak merah di wajah dan tangan (sekarang bercak-bercaknya sudah menjadi hitam seperti tompel). Kakak saya yang melihat kejadian itu bukannya bersimpati malah marah-marah dan menyalahkan cara menggoreng saya yang tidak benar (sebel!).

Katanya “…menggoreng otak-otak itu wajannya harus besar, apinya besar, lalu wajannya ditutup, otak-otaknya harus disayat-sayat dulu….dsb”. Singkat cerita, setelah ibu saya ikut terkena cipratan minyak, akhirnya kakak menggantikan menggoreng otak-otak tersebut (karena saya dan ibu sudah tidak mau menggoreng lagi). Ternyata setelah menggoreng dengan benar (menurutnya), ketika kakak membuka tutup wajan…dhuaarr….otak-otaknya meledak lagi. Memang selama dalam peggorengan otak-otak itu meledak-ledak terus, bunyinya seperti membuat popcorn. Ledakan otak-otak yang terakhir sangat dahsyat. Wajah kakak saya terkena minyak di banyak tempat (jauh lebih parah dari saya).

Setelah acara menggoreng otak-otak selesai, kami kemudian memakan otak-otak tersebut. Mengingat perjuangan berat dan derita yang kami alami membuat saya sangat menikmati otak-otak itu sehingga saya makan dalam jumlah yang banyak.

Esoknya saya merasakan ada yang aneh dengan wajah saya. Saya merasakan gatal, termasuk di bekas luka bakar minyak itu. Saya pikir, mungkin ini pertanda lukanya akan segera sembuh. Memang benar, walaupun beberapa titik luka masih ada sampai sekarang namun beberapa luka mengering dan lepas berganti kulit yang baru. Anehnya bibir saya tetap terasa sangat gatal, kering dan mulai timbul bintil bintil. Ketika bangun pagi hari, mata juga terlihat sembap karena kelopak mata membengkak dan terasa agak panas. Hari berganti hari, bukannya sembuh, bibir malah terasa sangat gatal dan bintil-bintil malah bertambah banyak dan membesar.

Akhirnya sore tadi sepulang kantor saya menyempatkan diri untuk mampir ke sebuah rumah sakit untuk memeriksakan diri. Ternyata diagnosa dokter menyatakan saya alergi terhadap otak-otak! Memang saya pernah mengalami alergi terhadap sea food dan ikan air tawar tetapi biasanya reaksi alerginya tidak seperti ini sehingga saya tidak mengenali tanda-tanda alergi kali ini. Dokter memberi saya suntikan dan dua macam obat yang harus saya minum, dan berpesan agar saya tidak lagi memakan otak-otak. Saya juga dilarang untuk menggunakan lipstick dulu sampai bibir saya kembali normal.

Tentu saja, nggak mau lagi makan otak-otak!

Tapi…..kalo nggak boleh pakai lipstick….seperti sayur tanpa garam… hiks hiks hiks.

October 7, 2008 - Posted by | Pengalaman Pribadi

23 Comments »

  1. Hehehe …
    Satu lagi korban …
    kalo aku besot …
    Uda Vizon di surauinyiak melepuh tangannya …
    kalo ini …
    hhmmm … kena minyak dan alregi … aduuuhhh ..
    semoga lekas sembuh ya …

    Comment by nh18 | October 9, 2008 | Reply

  2. coba deh minum air kelapa hijau untuk mengurangi alergi, dan makan dugannya (kelapa mudanya) pake susu enak rasanya juga bisa mengurangi alergi. semoga lekas sembuh.

    Comment by sulaiman | October 9, 2008 | Reply

  3. semoga lekas sembuh ya no,

    Comment by pengendara | October 9, 2008 | Reply

  4. he he sory yah bukan ngetwaain
    habis lucu sih kacian banget
    gimana sekarang dah baikan belum

    Comment by yudhi14 | October 9, 2008 | Reply

  5. Semoga cepat sembuh. Kalo mengoreng lebih baik penggorengannya pakai tutup. Aman!

    Salam kenal.

    Comment by juliach | October 10, 2008 | Reply

  6. kasihan… jadi tidak maniz lagi donk… gadis maniz :D

    Comment by cenya95 | October 10, 2008 | Reply

  7. Pak NH,
    terima kasih, semoga bapak besot2nya juga cepet sembuh ya.. :-)

    Pak Leman,
    makasih sarannya tapi saya belum sempet beli kelapa hijau..
    tapi sekarang alerginya udah mendingan walaupun bibirnya masih gatel, bruntusan dan masih dower juga (lhoo berarti gak mendingan dong??) hehehe

    Mas Ze, makasih..

    Yudhi,
    sekarang udah baikan, gak marahan lagi kok hihihi…
    iya udah mendingan tapi belum sembuh bener sih tp malunya itu loh harus ke kantor gak pake lipstik kayanya kucaayy banget..!!

    Mbak Juliach,
    makasih tp waktu kakak saya menggoreng ditutup tetep aja meletus tuh :-(

    Pak Okta,
    jangan kuatir pak, gadis manis ini tetap manis kok walaupun dhowerr hehehe :-)

    Comment by Retno Damayanthi | October 10, 2008 | Reply

  8. numpang mampir,
    dah sembuh ya,

    Comment by subpokjepang | October 10, 2008 | Reply

  9. Wah, ternyata otak-otak yang lezat itu dibuat dengan susah payah, ya. Sebetulnya ada juga kan, otak-otak yang dipanggang? Atau dimasak bumbu kecap juga lezat.

    Tapi gimana ya, kalau alergi?

    Moga cepet sembuh ya Mbak.. ;)

    Comment by chang'e | October 10, 2008 | Reply

  10. Minal Aidin Wal Faizin
    Mohon Maaf Lahir batin

    Comment by indra1082 | October 10, 2008 | Reply

  11. haaa, otak-otak, aku demen..
    hihihi,…
    skrg udah sembuh blm yak??
    minal aidzin dulu deh..
    maaf nya lahir batin yak??

    Comment by mierz | October 10, 2008 | Reply

  12. otak-otak, enak nggak ya? saya belum pernah nih, salam kenal

    Comment by hermanus | October 10, 2008 | Reply

  13. untung saja, pengalaman pahit itu sudah berlalu mbak

    Comment by ILYAS ASIA | October 10, 2008 | Reply

  14. Waduh jadi ngiler liat photo otak otaknya. Wah susah juga ya mbak Enno kalau alergi seafood, padahal itu enak banget lho. Pasti sekarang lagi ngantuk ya karena obat alerginya? Semoga cepat sembut deh. thanks

    Comment by yulism | October 11, 2008 | Reply

  15. Membacanya pertama ikutan marah….karena tak sesuai teori perempek-empekan. Tapi ketika kakaknya ikut kena dhuaarrrr, aku nggak ikut ikutan kena…(abis jauh khaaaan). . Menghilangkan alerginya minum air kelapa muda. Untuk menghilangkan noda hitamnya pakai bioplacenton.
    Semoga lekas sembuh ya dhek

    Comment by sonyssk | October 11, 2008 | Reply

  16. Subpokjepang,
    arigatou gozaimasu.!

    Chang’e,
    makasih, emang otak2 enak, saya juga sekarang rasanya pengen makan lagi hehehe…

    Indra1082,
    maaf lahir batin :-)

    mierz,
    sama saya juga suka otak2 apalagi otak2 goreng pake sambel kacang hmm yummy… ;-)
    maaf lahir batin juga

    pak Hermanus,
    belum pernah makan otak2? wah harus dicoba tuh soale uenak tenan lho tapi cobanya dikit2 dulu kali aja alergi hehe soalnya ganas tuh kalo alergi.

    pak Ilyas,
    sukurlah sudah berlalu…

    mbak Yulis,
    iya gambar otak2na menggiurkan ya? wah bener banget itu obat alergi kok bener2 bikin ngantuk ya? langsung tepar abis minum obat.

    mas sony,
    makasih ya mas, udah pake bioplacenton tapi belum beli kelapa muda hehe…iya mas, untung jauh jadi gak ikut kecipratan :-D

    Comment by Retno Damayanthi | October 11, 2008 | Reply

  17. disuntik segala…????

    *kabur*

    Comment by dion | October 11, 2008 | Reply

  18. Wedew, makanan yang tampaknya sangat menggiurkan dan tidak berdosa itu… ternyata membawa bencana yah

    Nice share, dapet pelajaran berharga dari blogwalking kali ini

    Comment by utchanovsky | October 11, 2008 | Reply

  19. waduh, sayah ko ga bisa nahan gerakan jakun dan ledakan air lir di mulut yak…..

    Comment by gus | October 12, 2008 | Reply

  20. wew ati2 tuh..otak2 emang suka muncrat muncrat kalo di goreng..ngeri kan kalo kena mata hiiii

    Comment by kuro | October 13, 2008 | Reply

  21. dion,
    kok kabur?

    Utchanovsky,
    spasiba :-)

    Gus,
    sama, otak2 emang uenak tenan

    Kuro,
    iyah! makasih ya

    Comment by Retno Damayanthi | October 14, 2008 | Reply

  22. Eno seharusnya tanya saya donk cara menggoreng otak-otak yang baik dan benar …he..he… karena saya beberapa kali mencoba dan tidak pernah tekena minyak yang muncrat. Untungnya Eno alergi jadi saya gak bisa bawain deh :D

    Comment by risa | October 16, 2008 | Reply

  23. Wah, aku bacanya udh deg2an…utg ga diceritain muka ku yg bopeng n ngadem di freezer, hehehe…
    sama! aku juga ga pnh goreng otak-otak lagi, bkn krn alergi tp krn kapok, hehehe tapi kalo pesen udh jadi, masih mau lah, hehehe

    Comment by mama-machaiz | February 19, 2009 | Reply


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

