Retno Damayanthi

…my hope, thoughts, and inspiration.

Huruf Mandarin Paling Susah di Dunia

Gambar di samping ini adalah salah satu huruf Mandarin (Hanzi) yang tersusah yang pernah ada di muka bumi. Susah di sini maksudnya goresan 1 hurufnya sangat rumit dan banyak (ada 57 goresan). Lihat saja sudah ‘merinding’ deh!

Huruf ini berbunyi “Biang”, nada ke-2. Biang adalah nama mie yang populer di kota Xianyang, propinsi Shaanxi (China). Di bawah ini juga ada foto toko dan mie Biang-Biang (Mandarin: Biang-Biang Mian). Toko mie Biang-Biang juga ada di Beijing. Tapi, di Beijing, nama mereka berubah jadi mie Bang-Bang (Bang: Hebat). Karena banyak warga Beijing yang tidak bisa membaca huruf Biang. :mrgreen:

Huruf Biang diakui sebagai salah satu huruf Mandarin yang paling ribet yang ada di jagat raya. Huruf Biang ini sudah pasti tidak ada di dalam komputer manapun di dunia. Bahkan di Kangxi Dictionary juga tidak ditemukan huruf ini.

everydaymandarin.com

About these ads

November 12, 2008 - Posted by | Budaya Tionghoa

27 Comments »

  1. emang yang namanya biang pasti hebat.

    Comment by pengendara | November 13, 2008 | Reply

  2. bahasa mandarin adalah “bahasa dewa” , sulit belajar nadanya, karena nada adalah salah satu bentuk pujian kepada dewa, mengingat hurufnya lebih sulit, karena setiap huruf adalah gambaran alam, sebagai bahasa kuno, huruf mandarin jumlahnya tidak terhingga. sayangnya banyak huruf mandarin yang hilang. mungkin masih ada yang lain yang lebih ribet.

    Comment by sulaiman | November 13, 2008 | Reply

  3. itu termasuk kaligrafi bukan ya?

    Comment by antown | November 15, 2008 | Reply

  4. wah mba kudu sring2 kesini nih buat ngenal bhsa mandarin…:D

    Comment by Rita | November 16, 2008 | Reply

  5. Ni hao ma…Wah3x klo taunya yg sulit, gmn ya jd garuk2 kepala nih…(gatal bener = mikir mo daftar susba mandarin) he3x… mbak klo gak salah di beijing bnyk tukang becak (Kya’ prnah Kesana) so…Hbs ngemie…Ya BaNg…BaNg…….Becak

    Comment by fajar | November 18, 2008 | Reply

  6. dui bu qi laoshi,,,,,wo baru ksh kbr,baru dapat warnet.Kendari gitu loh……Laoshi ada baek2 kan?informasinya donk kalo ada berita2 sekolah.Duo xie laoshi

    Comment by sudarmanto | November 19, 2008 | Reply

  7. Betul sekali, saya pernah tanya mau les Bahasa Mandarin total 7 tahun, karena 1-2 tahun pertama khusus untuk mengenal huruf2 Mandarin

    Comment by nkusuma6210 | November 20, 2008 | Reply

  8. Salah satu kehebatan dari berjuta kehebatan, ya huruf (character) cina. Cina saling mengerti melalui character (berbeda bahasa). Kita saling mengerti melalui kata (satu bahasa)..hehehe..

    Comment by singal | November 20, 2008 | Reply

  9. mas ze, pak Leman, antown, rita
    makacihh semuanya.. :mrgreen:

    pak Fajar,
    kalo di bahasa Mandarin, “bang” dibaca “pang”, jadi kayanya ga bisa deh manggil pang pang pecak hehehe…

    Anto xs,
    iya deh saya ngerti kok, di kendari jarang ada warnet ya? yah kasian pantesan itu blognya udah berdebu dan ada makhluk halusnya tuh hhehe…buka bisnis warnet aja?! Jangan bisnis sapi terus :lol:
    kabar2i terus yaa..

    nkusuma,
    iya tuh belajar bahasa Mandarin harus sabar soalnya tulisannya ampun deh perlu ekstra hati2 dan butuh ketekunan. Tapi saya belum belajar 7 tahun tuh, makanya masih limit bgt pengetahuannya :-)

    pak Singal,
    iya beraneka bahasa tp satu tulisan, kalo ga ngerti ajak komunikasi bahasa tulisan aja pasti nyambung :-)

    Comment by Retno Damayanthi | November 21, 2008 | Reply

  10. Haaaah jangan huruf yang ini, yang biasa aja kagak ngarti artinya apa…bacanya gimana…belum sempet belajar nih…ajarin bisa?

    Comment by Pakde | November 21, 2008 | Reply

  11. Ampyun …
    Satu huruf 57 goresan …
    bukan main

    Comment by nh18 | November 25, 2008 | Reply

  12. Mo nulis aja kok ribet ya?

    Comment by yodama | November 25, 2008 | Reply

  13. pusing deh… :mrgreen:

    Comment by *hari | November 25, 2008 | Reply

    • halo hari gege

      Comment by efan | July 30, 2009 | Reply

  14. baru tahu satu hurup ada 57 goresan, lah kalo mau bikin satu paragrap mesti berapa goresan yah :D

    Comment by riesal | December 2, 2008 | Reply

  15. bukan hanya sekedar tulisan tapi mengandung nilai seni dan filosofi tentunya..

    Comment by hadi hao | December 19, 2008 | Reply

  16. Pak de,
    ayo kalo mau belajar :-)

    Om NH,
    diampyuni :lol:

    Yodama,
    iya ribet

    *hari,
    ehh kalo pusing minum obat

    riesal,
    kalo satu paragraf hmm bergores-gores deh pokoknya

    hadi xs,
    iya harus dihayati ya hehehe…

    Comment by Retno Damayanthi | December 19, 2008 | Reply

  17. bener-bener ya…
    Kok bisa sih tulisannya jadi begitu.
    Sorry nih. Ga ngerti bgt sama yang tulisan begitu.
    Asyik juga yah kalo tau…
    lam kenal yaa…

    Comment by BacaInfo | December 19, 2008 | Reply

  18. ni hao ma?qing wen?wo jiao nan pengyou.i’m looking for friends who can speak mandarin.please call n sms me at my mobile phone.085242663943 i will wait you

    Comment by andi | February 3, 2009 | Reply

  19. Ini simplifiedny gmn y? :D

    Comment by Andy | May 8, 2009 | Reply

  20. gileeeeeeee….
    susah banget twuh hanzi… gmn nulisnya klo di tulisan langsung yg kecil2 gt apa keliatan yaaa… ;)

    Comment by gessi | July 26, 2009 | Reply

    • halo gessy mau pusing lagi ya hapalin kata sandang+nada yang bunyinya sama hee hee

      Comment by efan | July 30, 2009 | Reply

  21. ni hao? wo jiao shi sumy, wo hen xihuan xuexi hanyu yin wei wo juede hanyu hen you yishi dui bu dui, dui ma ? wo ye yao renshe nimen xiexie

    Comment by sumy | October 31, 2009 | Reply

  22. 对啊!Biang2面很好吃,但是很苦写了!

    Comment by Andre | January 27, 2010 | Reply

  23. wo jin tian hen gao xing~hehe ^_^

    Comment by nay li | December 16, 2011 | Reply

  24. halo …. bisa minta tolong tulisin ini ke angka mandarin
    11023399921192013

    Comment by Taufan | September 9, 2013 | Reply

  25. Wah bener tuh 57 goresan banyak banget

    Comment by hidori | December 16, 2013 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: