Retno Damayanthi

…my hope, thoughts, and inspiration.

Curi Waktu Tingkatkan Potensi

Rutinitas kerja membuat Anda merasa tidak punya waktu untuk meningkatkan diri? Wah, jangan pesimis dulu. Banyak lho hal yang bisa Anda lakukan. Bahkan tanpa perlu meninggalkan meja kerja.

Sebagian besar waktu Anda habis di kantor dengan pekerjaan yang menuntut Anda berkutat di depan layar komputer. Padahal, semakin ke sini kok rasanya ilmu hanya di situ-situ saja ya? Jalan di tempat. Tapi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga rasanya tidak mungkin, karena waktu yang dimiliki sangat terbatas.

Sebenarnya banyak lho aktivitas yang bisa kita lakukan melalui komputer, dari sekedar chatting hingga kuliah di Universitas bergengsi.

OPTIMALKAN FITUR

Dari sekian banyak program yang tersedia di komputer Anda, coba ingat, mana saja yang Anda optimalkan penggunaannya? Katakanlah Word atau Excel. Banyak yang hanya puas menguasai fitur standarnya. Padahal banyak fitur yang bisa memudahkan pekerjaan Anda . Atau Anda bisa mempelajari program baru, misalnya program untuk membuat presentasi, organizing database, bahkan mempelajari program yang tak ada kaitannya dengan pekerjaan. Misalnya mempelajari program editing foto, film, apapun yang Anda suka.

BAHASA ASING

Menggunakan fasilitas seperti YM atau meebo mungkin kerap Anda lakukan. Tapi jangan berhenti di ‘ngobrol’ saja. Anda bisa memanfaatkannya untuk mempelajari bahasa asing. Misalnya cari teman dari negara lain, pelajari bahasanya dan sering-seringlah berkomunikasi agar kemampuan bahasa asing Anda ter-upgrade. Dengan cara ini, kemampuan berbahasa Anda akan terlatih. Lagipula, kalau Anda salah pengucapan, Anda tak perlu malu ditertawakan orang lain kan? Selain chatting, Anda bisa belajar bahasa melalui kursus online misalnya di situs free seperti http://increasevocabulary.net atau melatih grammar Inggris Anda di http://netgrammar.altec.org.

MEMPERCANTIK BLOG

Kalau biasanya Anda hanya memanfaatkan blog sebagai tempat curhat, kini waktunya Anda untuk mengoptimalkannya. Anda bisa berbagi informasi dan pengalaman yang tak hanya berguna bagi Anda tapi juga bagi orang lain. Misalnya berdiskusi mengenai hal-hal seputar dunia kerja Anda, atau hal menarik lainnya. Anda juga bisa mencari informasi dari blog lain. Salah satu media ngeblog yang sedang hot, http://dagdigdug.com.

GABUNG DI MILIS

Sekarang ini ada ratusan milis dari berbagai organisasi, dari yang membahas soal politik sampai hobi belanja perempuan. Dengan menjadi anggota dari satu atau dua milis, tentu akan banyak informasi yang bisa Anda dapatkan dari milis ini, karena biasanya setiap milis mempunyai banyak anggota yang tentunya setiap orang memiliki pengalaman berbeda. Untuk up-date hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan, bergabunglah dengan milis profesi.

UP DATE BERITA

Saat ini, hampir semua stasiun TV mempunyai website. Bagi Anda yang tak sempat membaca koran, bisa curi sedikit waktu untuk membuka situs-situs berita terkini, seperti http://metrotvnews.com, http://liputan6.com, http://detik.com, http://kompas.com dan sebagainya.

Sibuk di kantor tidak berarti ketinggalan berita dalam dan luar negeri dong, tidak hanya soal politik tapi juga perkembangan dunia.Tahu banyak hal, tentu akan membuat Anda pintar.

KULIAH LEWAT INTERNET

Tak sempat kuliah di kelas? Ikut saja kuliah online. Dari luar negeri hingga lokal, bisa. Misal The University of California, Berkeley menyelenggarakan kuliah gratis melalui YouTube http://www.youtube.com/ucberkeley. Untuk kuliah gratis Hukum Tata Negara bisa bergabung dengan kuliah yang diadakan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Prof.Dr.Jimly Asshiddiqie, SH di http://jimly.com. Pilihan lain belajar di The Johns Hopkins Bloomberg School of Public’s Health’s Open Course Ware Project http://ocw.jhsph.edu. Dan masih banyak lagi.

SAAT TEPAT CURI WAKTU

  • Datang ke kantor setengah jam atau satu jam lebih pagi, gunakan untuk chatting dengan bahasa asing dan posting tulisan baru di blog Anda.
  • Saat Bos minta tolong untuk dicarikan informasi tentang sesuatu di internet, Anda bisa sambil membuka situs-situs berita hari ini.
  • Sediakan waktu satu jam setelah jam kantor untuk kuliah lewat internet.
  • Manfaatkan waktu makan siang Anda.

Sumber : Majalah Chic No.10, 7-21 Mei 2008

May 27, 2008 - Posted by | Dunia Kerja

12 Comments »

  1. Retno, this is what I like of you, you know what articles the best to write in your blog! I’m really very happy to have you in our group. Even me, I learn a lot from your blog, thanks Enno! Have you visited Pak Hendro’s bllog? That is also a great blog, we are now discussing about Badiklat’s Intranet there, join us and ask the others to do so! ( http://wonglumpia.wordpress.com )

    Comment by Anton H Biantoro | May 28, 2008 | Reply

  2. saya setuju pendapatnya laoshi…tapi yang menjadi kendala adalah kemauan..punya kemauan ga untuk belajar…pokoknya jiayou jiayou jiayou…

    Comment by hadi hao | May 28, 2008 | Reply

  3. Hello Retno, Terima kasih atensinya membaca tulisan saya.
    Mari kita berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam rangka mengembangkan Tehnologi informasi di Badiklat khususnya E-Learning sebagai salah satu metoda diklat modern. Thanks Retno..Sukses selalu..ya

    Comment by Hendro Wijayadi | May 28, 2008 | Reply

  4. Terima kasih Kabadan, Hadi xs, dan pak Hendro atas kunjungan dan komentarnya di blog saya..🙂

    Comment by Retno Damayanthi | May 28, 2008 | Reply

  5. duibuqi laoshi
    baru bisa bales komennya sekarang.
    maklum sibuk, siswa mandarin lanjutan g bisa leyeh2 seperti waktu tingkat dasar.
    buat paparan teruuuuus, g bisa bayangin deh mandarin advance gimana rasanya.
    jiayou laoshi.
    selamat atas terpilih sebagai blog terbaik seluruh dephan.
    sekali lagi jiayou!!!!

    Comment by winnerdieng | May 29, 2008 | Reply

  6. oh ya lupa. curi waktu boleh aja curi waktu.
    tapi saya paling g setuju kalo curi waktu tapi mengorbankan hal yang paling berharga dalam hidup. yaitu kesehatan diri.
    kalo waktu makan siang dikorbankan trus kapan makan siangnya.
    apa yang kita dapat sebanding dengan daya tahan tubuh yang menurun akibat makan terlambat?
    kesehatan yang utama laoshi.
    jangan makan terlambat lagi ya!!

    Comment by winnerdieng | May 29, 2008 | Reply

  7. 恭 喜 您 啦 老 师。 听 说 您 的 blog 成 为 最 的。 我 的 父 母 说 :”setiap usaha yang tekun pasti ada keberhasilan yang nyata”. emang terbukti!!!
    恭 喜 恭 喜! 加 油 中 文 老 师 。

    Comment by WAYAN | May 29, 2008 | Reply

  8. WINNER xs,
    makasih commentnya..akhirnya…kirim comment juga🙂
    makasih ucapan selamatnya, tapi gak terbaik seluruh Dephan, masih jauuh..setingkat Badiklat aja..
    makasih juga perhatiannya, tau aja saya suka nggak makan siang..hehe..

    WAYAN xs,
    真 谢 谢 您🙂

    Comment by Retno Damayanthi | May 29, 2008 | Reply

  9. Rajin pangkal pintar,….
    Salam kenal..

    Comment by Singal | June 1, 2008 | Reply

  10. Salam kenal juga pak Singal,
    terima kasih telah berkunjung dan memberi comment🙂

    Comment by Retno Damayanthi | June 2, 2008 | Reply

  11. duibuqi laoshi….
    ko bisa yah anda menulis artikel yang luar biasa ini, pantas anda jadi juara blog, selamat yah…

    Comment by Wahyu Xs | June 17, 2008 | Reply

  12. Wahyu xs, kebetulan artikel ini bukan saya yang tulis, cuma ngetiknya aja..kan di atas udah saya tulis sumber nya dari majalah chic. Di blog ini ada beberapa tulisan yang saya tulis sendiri namun ada juga yang saya ambil dari berbagai sumber, salah satunya artikel ini. Btw, makasih ya…

    Comment by Retno Damayanthi | June 17, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: