Retno Damayanthi

…my hope, thoughts, and inspiration.

Menjadi Sarjana

Bulan ini benar-benar berat dan melelahkan bagi saya. Awal bulan saya pindah rumah. Beberapa minggu sebelumnya sudah harus mulai mengemas barang. Tanggal 2 Agustus dengan meminjam truk kantor kami pindah rumah. Sesampainya di rumah baru, harus bersih-bersih dan merapikan barang-barang yang sangat banyak. Sampai sekarang pun kegiatan bersih-bersih dan beres-beres ini belum selesai. Kesibukan pindah rumah membuat saya sangat lelah dan membuat skripsi yang sedang saya jalani menjadi terabaikan.

Demi bisa konsentrasi dengan skripsi, saya memilih tinggal di rumah lama sendirian dengan barang-barang seadanya. Akhirnya hari Selasa 12 Agustus kemarin saya menjalani sidang skripsi di kampus Universitas Darma Persada. Alhamdulillah sidang berjalan lancar dan saya mendapat nilai A sebagai hasilnya. Sekarang hanya tinggal menunggu ijasah. Senangnya bisa membuat orang tua bahagia dan bangga. Kerja keras mereka terbayar sudah.

Dari dulu saya ingin sekali menjadi sarjana, sehingga hampir saja saya mengorbankan pekerjaan demi melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. Beruntungnya saya karena Kapusdiklat Bahasa pada waktu itu (sekarang Kabadiklat, Bpk. Anton H. Biantoro) mengijinkan saya untuk menjalani kerja sambil kuliah.

Menjalani kerja sambil kuliah sangat menarik. Di kantor saya harus ijin beberapa hari dalam seminggu untuk bisa mengikuti kuliah. Membagi jadwal mengajar yang disesuaikan dengan jadwal kuliah saya. Dengan pengertian dari seluruh anggota Subpok Mandarin, akhirnya kuliah dan kerja dapat berjalan dengan baik.

Di kampus, beberapa kali saya harus minta ijin dan pengertian dari dosen untuk tidak masuk. Terutama saat menjalani pembekalan CPNS di mana saya harus ijin untuk absen selama dua bulan dan kemudian mengikuti Ujian Tengah susulan. Beberapa dosen bisa mengerti dan beberapa lainnya tidak yang kemudian memberikan saya nilai minimum karena banyaknya jumlah absen saya (hiks). Kemudian pada saat Latprajab juga saya harus meminta ijin untuk mengikuti Ujian Akhir mendahului mahasiswa lainnya. Semester berikutnya saya juga harus cuti kuliah karena mengikuti AAELC di Australia. Hehehe sungguh mahasiswa yang merepotkan. Untunglah sekarang semua sudah selesai.

Kesibukan mengajar di kantor, pindah rumah dan skripsi membuat blog saya menjadi tidak terurus. Semoga dengan selesainya urusan satu persatu dapat membuat blog ini hidup lagi. Semangat..!

August 13, 2008 - Posted by | Pengalaman Pribadi

29 Comments »

  1. Selamat menempati rumah baru, menjadi tempat kebahagiaan bagi mbak sekeluarga, menjadi tempat lahirnya inspirasi, kebaikan, damai dan karya bagi keluarga dan negeri tercinta.

    Comment by Singal | August 14, 2008 | Reply

  2. Selamat menempati rumah baru, menjadi tempat kebahagiaan bagi mbak sekeluarga, menjadi tempat lahirnya inspirasi, kebaikan, damai dan karya bagi keluarga dan negeri ini.

    Comment by Singal | August 14, 2008 | Reply

  3. Selamat Enno laoshi…menjadi sarjana dan rumah barunya yak… semoga selamat menempuh hidup barunya segera menyusul hehehe…

    Comment by riyalat | August 14, 2008 | Reply

  4. ПОЗДРАВЛЯЮ ВАС ЭННО …he he tidak ada kata lain selain ucapan selamat buat enno yang selalu penuh inspirasi dan semangat atas semua kesuksesan yang enno raih ya,salyuuut up. Selamat !

    Comment by alleros | August 14, 2008 | Reply

  5. My lovely laoshi..,
    Selamat berbahagia dalam menempuh hidup baru ya…, tentunya sebagai sarjana baru dan menempati kediaman yang baru.
    Kapan acara wisuda ?
    Hm..jadi penasaran nich siapa ya… yang akan menjadi sang pendamping wisudawati (PW) nantinya?

    Pada masaku, inilah bagian yang tak kalah sulitnya dengan skripsi.
    Repot memang, tapi…i saya harus menentukan siapa gadis yang terpilih, satu diantara ….(hm..lupa.. mungkin di FS saja sudah ada 4, parahnya lagi.. 2 diantaranya Bahasa China). Kalau dulu Nitya Laoshi tahu…., saya pasti sudah nggak berani sus Mandarin he..he..he.. .

    Miss you laoshi..!

    AF Xs.

    Comment by Amir F Xs. | August 14, 2008 | Reply

  6. Wah Selamat ya Eno…
    Sy juga dl kuliah sambil ngajar siswa yang sangat bervariasi: SD, SMA, Uni; dr kalangan ‘anak berada’ sampai ‘fotocopi 2 lembar aja susah’. Kebayang kan ribetnya bikin lesson plan. Kegiatan penyusunan jadwal selalu penuh dengan negosiasi: harus diluar jadwal kuliah, kl nggak bisa, ya nggak ush dp kelas. Untung guru-guru seniornya buaek2 semua, kr dosen sy nggak ada yg ‘pengertian’ seperti dosen Eno. Yang paling heboh saat siswa ujian, sy hrs urus skripsi. Kebayang kan buanyaknya kertas yg hrs diurus. Mana dulu hanya ada mesin tik, kl ada koreksi dr dosen, ketik ulang lagi deh. Begitu mo sidang, semua di ketik di komputer, eh udh mo selesai, kena virus, ilang semua. Ganti komputer, ketik ulang lagi, kena virus lagi Grrr… Untung keluarga dan sang pacar (suami) sangat memberikan support, kl nggak males deh ikutan sidang. Tapi ada hikmahnya, sy sdh hapal semua materi sblm sidang haha. Kerja sambil kuliah memang sangat banyak liku-likunya, tp begitu kita dapat nilai tinggi, ehm.. sangat bahagia bin bangga.
    Selamat ya…

    Comment by Yuline Monako | August 15, 2008 | Reply

  7. Pak Singal, Ari Laoshi, dan bu Effy
    terima kasih. Amin amin amin semuanya..

    Pak Amir,
    wah wah tak disangka ternyata pak Amir ini dulunya playboy juga ya.. Untung saya kuliah di FSUI dulu berbeda jaman sama pak Amir, kalo nggak, bisa2 saya terjebak rayuan pak Amir juga nih hihihi…
    Kalo wisuda, kayanya saya nggak berminat ikut wisuda, selain hemat (hehe) juga saya merasa udah nggak waktunya wisuda2an. Malu, temen2 saya masih muda2 bgt. Saya sarjana tua nih. Lagipula gak tau msti bawa siapa buat PW, bawa pak Amir aja boleh nggak?😉
    miss u too pak Amir..

    Mbak Yuline,
    wah pengalamannya mbak Yuline menarik banget. Penuh perjuangan ya..makasih yaa

    Comment by Retno Damayanthi | August 15, 2008 | Reply

  8. Hal-hal yang nerepotkan sekaligus menyenangkan. Selamat berhagia, sukses selalu. salam

    Comment by ksemar | August 15, 2008 | Reply

  9. happy birthday to you
    happy birthday to you
    happy birthday, happy birthday, happy birthday to you

    happy birthday yang ke 2, yang pertama sarjana muda, yang kedua sarjana penuh

    happy birthday to you
    happy birthday to you
    happy birthday, happy birthday, happy birthday to you

    Comment by zaenal | August 16, 2008 | Reply

  10. Selamat ya mbak retno atas kesuksesan sidang Skripsi dan semoga cepat wisuda.
    salam dari tetangga sebelah

    Comment by qolilmuh | August 19, 2008 | Reply

  11. Selamat menempati rumah baru dengan gelar baru … Selamat… hidup baru di lingkungan baru…
    Selamat…
    Semoga sukses…

    Comment by cenya95 | August 19, 2008 | Reply

  12. Ksemar, makasih dan salam kenal ya🙂

    Mas Zaenal,
    kok happy birthday? nggak ngerti aku..anyway makasih banyak yaa…

    Mas Qolil,
    terima kasih, amin amin amin🙂

    Pak Octa,
    makasih amin amin amin juga🙂

    Comment by Retno Damayanthi | August 19, 2008 | Reply

  13. Selamat ya… menjadi Sarjana dan rumah baru.
    undangan syukurannya..jangan lupa..ya
    Salam sukses..

    Comment by Hendro Wijayadi | August 19, 2008 | Reply

  14. Alhamdulillah. Mengerjakan beberapa pekerjaan secara simultan, membagi perhatian, mengatur waktu, menjaga stamina dan kesehatan, tetap semangat, tetap tersenyum, tetap tabah dan tawakal ….dan akhirnya semua selesai dengan baik! Tidak setiap orang mampu atau mau melakukan itu, kecuali orang-orang yang akan menjadi pemimpin dan yang ingin maju. Selamat untuk semua pencapaianmu Enno, percayalah selalu bahwa Allah Swt mempunyai cara sendiri untuk memberikan kenikmatan kepada umatNya yang berjuang!

    Comment by Anton H Biantoro | August 19, 2008 | Reply

  15. Ms. Eno …
    Selamat yach dagh menjadi Sarjana … (tinggal prg k China nich … jgn lpa yach klo prg k sn bw ole2)
    dan selamat punya rumah baru (smg dgn kepindahannya menjadi berkah untuk keluarga Km)

    ohya
    Ms.Eno
    Ajarin sy tentang Blog donk karena sy ingin belajar, sy dagh pny blog tp sy lp passwordnya, jd Ms. Eno apa yg hrs sy lakukan

    Have a nice day

    Comment by fynda | August 21, 2008 | Reply

  16. wah selamat selamat ya

    Comment by mastal | August 21, 2008 | Reply

  17. Perjuangan hidup yang perlu diteladani, betapa capek, melelahkan dan stress ketika belajar sambil bekerja, bahkan sampai mencapai nilai A suatu prestasi yang membanggakan. sedikit orang yang tahan banting seperti Mba Retno. selamat sekarang sudah plong…

    Comment by sulaiman | August 22, 2008 | Reply

  18. Huah… Saya belum juga kelar2 skripsi😦. Selamat ya mbak. Sekalian salam kenal🙂

    Comment by Adieska | August 24, 2008 | Reply

  19. selmat ya sudah jadi sarjana…pantas lah sesuai dengan kepintarannya… oh ya mba terimakasih ya pelajaran Blognya…bermanfaat sekali buat saya… kalo berkenan melihat hasilnya kunjungi aja di ; srahmatiin.wordpress.com… kalo ada kekurangan dan yang jelek’s soal blognya kasih tau ya bu…!

    Comment by iinsla | September 2, 2008 | Reply

  20. Pak Hendro, Kabadan, Dewi, Mastal, Pak Leman, Adieska, pak Iin, terima kasih semuanya🙂

    Comment by Retno Damayanthi | September 2, 2008 | Reply

  21. bu Enno terimakasih atas kunjungannya, masih banyak kekurangan yaa…maaf baru saya baca soalnya laptopnya pinjaman sih…untuk panggilan bagaimana enaknya lao tse(guru yaa)aja… nanti kalo saya ganggu istirahatnya untuk tanya2 boleh yaa…syukron katsiir (terimakasih banyak)

    Comment by iinsla | September 4, 2008 | Reply

  22. bukan blum di aprove bu, saya masih bingung cara balesnya lewat mana…ajarin dong..

    Comment by iinsla | September 4, 2008 | Reply

  23. pak iin,
    kalo ada comment baru yang belum diapprove,biasanya ada tulisan kotak orange kecil ada tulisan angka 1 atau 2 (tergantung jumlah comment yang baru).
    Pak iin klik di situ aja trus lihat commentnya, kalau sudah lihat, klik di kotak kecil di kiri comment trus diklik “approve”, nanti commentnya baru akan muncul di blog.
    semoga berhasil

    Comment by Retno Damayanthi | September 4, 2008 | Reply

  24. Wah terlambat nih, but anyway selamat ya menjadi sarjana. Dulu waktu belum sarjana penuh pun sudah mewakili kemampuan sarjana penuh. Sekarang pasti sudah sama dengan S2. Selamat no.
    Oh ya sekalian nih kalo “ich liebe dich” just for the one that you really love. It is very suitable for your next beloved “husband” he..he.. Or you can say “ich liebe ihn(dia laki2), jangan ich libe sie(dia pr) ya!ntar kayak Ryan…

    Comment by rafiq | September 5, 2008 | Reply

  25. De Eno ! Selamat ya ujian sekripsinya dan hasilnya memuaskan, dan bagaimana rumah barunya lebih dekat lagi ke kantor?.
    De! terima kasih atas segala kebaikan de Eno mau membimbing dan mengajari ibu dalam membuat blog dan dalam cara pengisiannya blog tersebut, dan sudah pasti de Eno ikut sengang apa yang telah saya capai.

    Comment by marihanafiah | September 8, 2008 | Reply

  26. Eno, selamat ya sudah pindah rumah baru sudah jadi sarjana lagi, selamat selamat sukses terus deh buat Eno. Ada yang belum ‘diselenggarakan’ nih kayaknya he..he…or saya aja yang gak diajak…..:(

    Comment by risa | September 9, 2008 | Reply

  27. Mas Rafiq, ibu Mari, mbak Risa, makasih ya..🙂

    Comment by Retno Damayanthi | September 9, 2008 | Reply

  28. wah…selamat yah… udah sarjana… btw…numpang baca yah…sedang mencari inspirasi nihhh… thanks yahhh..

    Comment by rully | April 8, 2009 | Reply

  29. […] bidang akademik, pada tahun 2008 saya juga telah menyelesaikan pendidikan sarjana. Walaupun tergolong lambat karena banyak ditinggal cuti, tapi akhirnya terselesaikan tahun lalu […]

    Pingback by Tahun Baru, Kaleidoskop 2008 dan Resolusi 2009 « Retno Damayanthi | October 21, 2012 | Reply


Leave a Reply

