Retno Damayanthi

…my hope, thoughts, and inspiration.

Nama Panggilanku : Enno

Retno Damayanthi adalah nama lengkap saya. Karena saya anak bungsu, waktu saya kecil keluarga memanggil saya dengan sebutan De’No yang berarti adik Retno. Namun nama ini disalah-ucapkan oleh tetangga2 saya. Sebagian besar mereka memanggil saya dengan sebutan Denok. Beberapa kali keluarga saya mencoba membetulkan sebutan para tetangga namun sangat sulit. Hanya ada segelintir tetangga yang menyebut saya dengan sebutan yang benar.

Ada lagi yang bikin ketawa kalo inget, teman main saya yang rumahnya di belakang rumah menyebut saya dengan sebutan Endok (telor kali yaaa). Ya ampun. Mungkin maksudnya mau menyebut Denok eh malah jadi Endok. Yang lebih parah lagi teman saya yang lain malah menyebut saya Donat. Ampuuunn…!

Tahun demi tahun berlalu, saya beranjak besar, memiliki tetangga yang kecil-kecil. Lalu bagaimana mereka menyebut saya? Hoho mereka menyebut saya dengan sebutan mbak Denok atau mbak De’No. Aduhh makin salah kaprah nih. Adik kecil teman saya malah menyebut dengan Baleno (cadel gitu loohh). Makin lama saya sudah terbiasa dengan sebutan-sebutan ini. Di sekolah dan di kantor, saya beken dengan nama Enno.  Tidak bermaksud mendompleng kesuksesan Enno Lerian tapi kalo ternyata iya saya mohon maklum hehehe… kebetulan saya anak yang kalem dan tidak neko-neko sehingga saya tidak memiliki nama julukan yang nyeleneh.

Kalau sepupu-sepupu saya yang lebih muda menyebut saya Mbak No dan sepupu yang lebih tua memanggil De’No. Lalu bagaimana dengan keponakan-keponakan saya? Karena keponakan saya yang pertama selalu memanggil saya dengan sebutan Anno (maksudnya mau bilang tante Enno tapi malah Anno saja yang disebut-sebut), sehingga nama Anno telah resmi menjadi nama panggilan saya oleh semua keponakan saya. Anno berarti tante Enno sehingga tidak perlu lagi embel-embel tante di depannya.

Bagaimana dengan anda? ada cerita dibalik nama panggilan atau nama beken?:mrgreen:

November 7, 2008 - Posted by | Pengalaman Pribadi

38 Comments »

  1. pertamaxxxx

    Comment by runiawanonnyp | November 7, 2008 | Reply

  2. keduaxx

    Comment by runiawanonnyp | November 7, 2008 | Reply

  3. hetrix

    Comment by runiawanonnyp | November 7, 2008 | Reply

  4. boleh kenalan nona manise….

    Comment by runiawanonnyp | November 7, 2008 | Reply

  5. boleh tapi ini siapa yaa??
    salam kenal aja deh kalo tak ada yang menjawab…😆

    Comment by Retno Damayanthi | November 7, 2008 | Reply

  6. sya siswa bahasa jepang. sy pingin belajar juga bahasa mandarin tp sy sndri blum selesai kursus jepang.tnya apa thun depan dibuka kursus bahasa mandarin ya ?

    Comment by runiawanonnyp | November 7, 2008 | Reply

  7. ooo konichiwa..!

    tahun depan Mandarin buka kursus dasar kok, mulai bulan Juli sampai Desember. Ikut aja, hehehe…nanti bahasa Jepangnya lupa loh.
    Btw, ini kok bisa internetan? Nanti senseinya marah loh. hayo nakal ya😆

    Comment by Retno Damayanthi | November 7, 2008 | Reply

  8. konnichiwa…
    hajimemashite, watashiwa tegar desu. kokuboshokakukengsentaa de nihonggo no gakusei desu.
    domo arigato gozaimasu.

    Comment by sangprabu | November 7, 2008 | Reply

  9. konichiwa, hehehe wakarimasen..pak Tegar..?
    domo arigato gozaimasu juga deh!

    Comment by Retno Damayanthi | November 7, 2008 | Reply

  10. sy pingin sekali non.kan jpn mandari satu rmpun apa lagi sy kan AL bisa layar ke benua asia.nti bisa kaiwa cuap2.maaf bkan non tp Denok.skrg denok ad d mn?

    Comment by runiawanonnyp | November 7, 2008 | Reply

  11. haduh kok pak,,,?
    kita kan bujangan…
    sama ama antum.

    Comment by sangprabu | November 7, 2008 | Reply

  12. hahahahha😆 😆 😆
    tolong jangan panggil saya denok pliiisss…panggil enno aja yah…

    Hehehe jadi panggil apa dong? Mas Tegar? Bang Tegar?
    maaf kan saya ga tau…🙂

    Comment by Retno Damayanthi | November 7, 2008 | Reply

  13. kuterima maapmu… halah!
    call me a’ tegar boleh… ( kacau )
    tegar is enough, i think.
    oke dung. paten, tegar. terdengar sangat manis.

    Comment by sangprabu | November 7, 2008 | Reply

  14. enno.. tny klou bahasa mandari aq ngefans kamu. ap ya ?

    Comment by runiawanonnyp | November 7, 2008 | Reply

  15. ok deh Tegar? deal? saya kan ga mau nanti dibilang ga sopan…tapi emang iya kok…tegar…terdengar sangat manis, semanis saya😆

    aku ngefans kamu? apa yah? diganti aja ya jadi ‘kamu idolaku’ itu bahasa Mandarinnya ni shi wo de ouxiang 你 是 我 的 偶 像

    Comment by Retno Damayanthi | November 7, 2008 | Reply

  16. Ada. Nama Pakde itu panggilan untuk orang yang dituakan dikantor saya. Dan tahu siapa yang paling tuwir…saya yang paling tuwir. Dari dituakan ini saya bikin blog belakangnya pakde juga. sebagai bentuk penghormatan atas temen2 yang menjuluki nama pakde. Nama Asli padahal jauh lebih famous….sekarang sedang mencoba membuat famous nama ini.tx

    Comment by pakde | November 9, 2008 | Reply

  17. Memang dalam budaya timur memiliki banyak variasi panggilan terutama untuk memanggil orang yang lebih tua dari kita. Biasanya untuk menunjukan rasa respect. Sepertinya budaya barat lebih simple.

    Comment by love-ely | November 9, 2008 | Reply

  18. nama panggilan itu panggilan sayang.
    aku sendiri nama asli annisah, tp beken dengan nama icha ato awe… ato mgkn blogger2 taunya nama saya ichaawe😛

    salam kenal yah de’no

    Comment by ichaawe | November 9, 2008 | Reply

  19. namaku goenoeng, nama bekenku goenoeng 😀
    kenalan dulu ah…

    Comment by goenoeng | November 9, 2008 | Reply

  20. Pakde,
    ooh ternyata yang paling tuwir toh, kenapa nggak dipanggil kakek aja sekalian? hehehe…tapi kayanya pakde juga udah famous kok sekarang:mrgreen:

    love-ely,
    iya juga ya? ada hubungannya dengan budaya rupanya. Kalo di Barat, panggil aja nama depan (kalo akrab) atau nama keluarga (kalo resmi), beres..! Ga perlu mbak, mas, bang, dik, dll. Makasih ya kunjungannya🙂

    Ichaawe,
    td sekilas saya bacanya icha-wae (icha aja) hehe ternyata ichaawe..salam kenal ya..tp plis jangan panggil saya de’No kayanya masih kecil gitu pdhl udah tuwir sama kayak pakde hehehe…

    goenoeng,
    hmm nama asli tuh? ejaannya juga? kok tempo doeloe sekalee.. kenalan? yukk!:mrgreen:

    Comment by Retno Damayanthi | November 9, 2008 | Reply

  21. wah wah wah banyak juga ya yg ngefans…nah klo sudah banyak yang ngefans begini tiba-tiba namanya di ganti enni atau enna atau enne…he he he….nah loh..masih pada ngefans ga? mudah2an sih tetep ngefans ya…aminn salam buat enni, enna dan enne.

    Comment by hadi hao | November 9, 2008 | Reply

  22. Ass.Wr.Wb. Wah ini iklan baris ato pasar senggol ya kok rame buanget/kebuangatan hehe…🙂 mbak maap nih nelat habisnya sibuk jadi paup up. tabur bunga di laut. Oya nitip salm buat Tmen2 yg GA2H pake seragam up. met hari pahlawan, moga semua jadi Pahlawan diri sendiri, keluarga bangsa n negara

    Comment by fajararabics | November 10, 2008 | Reply

  23. Kalo Aku …
    Nama panggilan ??
    Kalo Di rumah … Ayah …
    Kalo Di kantor … Pak eNHa …
    Kalo Di Apotik … Tuan … (huahahahhaa)

    Kalo Di sekolah / kuliah dulu … aaaadddaaa’ ajah …

    Hai Enno … apa kabar …?

    Comment by nh18 | November 10, 2008 | Reply

  24. Namaku agak susah mbak, karena mengandung abjad “V” yang biasa orang manggil menjadi “P”
    tapi ndakpapalah, yang penting disayang orang banyak, tul nggak?🙂

    Comment by nkusuma6210 | November 10, 2008 | Reply

  25. Hadi xs,
    bener nih mau saya salamin ke mbak Ena Lia di subbid komdik, trus mbak Enni Nurjani di subbid opsdiklat trus kalo Enne di mana ya? adanya Enneng…mau? hihihi

    Pak Fajar,
    td tabur bunga di laut? wihh keren dong apalagi kalo AL td pake PDU 1 ya? baju putih topi putih sepatu putih…keren deh hehhehe…kalo saya td cuma upacara aja.
    selamat hari pahlawan juga🙂

    Om NH,
    kabar baik om…hmm apa sih nama panggilan di sekolah atau kuliah dulu om? jadi penasaran…

    nkusuma,
    heheh emang sih banyak yang menyebut V jd P yah nasib..btw namanya apa sih emangnya? kasih tau dooongg 😆

    Comment by Retno Damayanthi | November 10, 2008 | Reply

  26. Nama panggilan di blogosphere “Enno” ya?

    Comment by Edi Psw | November 11, 2008 | Reply

  27. Ya Enno
    Kamu boleh memanggil aku Achoey, Cucu atau Haris🙂

    Comment by achoey | November 11, 2008 | Reply

  28. Edi Psw,
    blogosphere itu yang mana ya? hehehe iya kali ya…

    achoey,
    ok deh aku panggil achoey aja ya.

    Comment by Retno Damayanthi | November 12, 2008 | Reply

  29. Melihat wajahnya lebih pantas dipanggil denok, seperti umumnya panggilan untuk gadis yang bodinnya molig di jawa barat. Tante Enno kalau disingkat TENO. bagaimana kalau dipanggil DENOK TENO.

    Comment by sulaiman | November 17, 2008 | Reply

  30. klo kucing saya kasi nama enggink tapi selalu dipanggil mpussss:mrgreen:

    Comment by enggink | November 17, 2008 | Reply

  31. salaam…mba eno tolong dong…gambar saya kok jadi gini…cara merubahnya gmana ya??? saya lupa lagi blasss??? trims

    Comment by RAHMAT IINS | November 18, 2008 | Reply

  32. Pak Leman,
    duuh plis deh ah jangan panggil saya denok teno..makin kacau aja:mrgreen:

    enggink
    nggink lucu…kaya’ suara kucing kalo lg manja…nggink nggink nggink. Jadi ingat alm kucing saya😦

    pak Iin
    kalo mau ngubah gambar itu di dashboard trus my account trus edit my profile, trus ganti aja deh gambarnya🙂

    Comment by Retno Damayanthi | November 21, 2008 | Reply

  33. kalo saya ngga ada cerita seru dibalik nama saya, tp kalo nama anak-anak saya, ada dikit. Stesha, karena susah nyebutnya ahirnya dipanggil Tessa, ada jg yg nyebut echa. Kalo saya sih biasa manggil embot:mrgreen:

    Comment by *hari | November 25, 2008 | Reply

  34. Tau ga, aye jg punya nama panggilan (cuma beberapa orang aja termasuk ibu). Aye dipanggil “UCU” oleh ibu, karena DULU aye anak terakhir. EEEhhhhh tiba2 setelah 7 tahun menjadi bungsu dkeluarga, nongol adek yang tak diharapkan oleh aye, akhirnya jadilah panggilan aye “BUCU” alias Bukan Bungsu. Kup…t X-(

    Comment by yubithea | November 27, 2008 | Reply

  35. Enno, sebetulnya saya punya cerita juga dengan nama kecil saya, kira-kira sama panjangnya dengan cerita kamu, entar kapan-kapan saya ceritain.

    Comment by risa | December 10, 2008 | Reply

  36. Salam kenal Enno,

    Saya sangat menikmati cerita-cerita kamu dan blog ini. Bagus dan khas banget. Enjoy it so much No. Salam kenal buat teman semua.

    Comment by Pasang Iklan Baris | December 22, 2008 | Reply

  37. Nama memang pewarsan dari orang tua , kita tdk bisa memilih / menukar / mengganti sesuka kita setelah kita dewasa… tapi siapun bernama pasti punya makna…apalagi yg namanya Denok..sekarangpun sudah memaknai bagi seluruh pembaca yang bisa menikmatinya…. salam kenal ya mbak , saya kagum dengan tulisan mbak..anda termasuk orang yang multi Talenta…teruskan karyanya..GBU.

    Comment by Paulus lilik | January 27, 2009 | Reply

  38. apapun nama panggilan anda, saya percaya tidak menjadi masalah buat anda, karena saya tahu anda orang yang sabar dan sangat pengertian terhadap orang lain apalagi kepada kedua ortu anda.Allah maha besar, raihlah cita2mu dalam namNya, amin…

    Comment by lao chen | February 22, 2009 | Reply


Leave a Reply

