Retno Damayanthi

…my hope, thoughts, and inspiration.

Kecanduan Facebook

Sejak akhir tahun 2008 saya mulai bergabung dalam jejaring sosial Facebook. Sebelumnya saya sudah ikutan situs jejaring sosial Friendster dan Hi5 namun karena banyak teman mengajak untuk ikutan Facebook maka saya tertarik. Friendster dan Hi5 pun berangsur saya tinggalkan.

Setelah bergabung dengan Facebook (Fb), saya merasakan ada beberapa efek positif dan negatif. Diantaranya sebagai berikut:

Efek Positif :

• Banyak kenalan
Saya termasuk orang yang tertutup, temannya sedikit dan agak susah dalam bergaul dengan orang baru. Melalui Fb saya banyak berkenalan dengan orang-orang baru, temannya teman, atau bahkan saudara baru kenal. Menyenangkan sekali bisa berkenalan melalui Fb yang di dunia nyata mungkin impossible untuk bertemu atau berkenalan.

• Keep in touch dengan teman lama
Di Fb saya menemukan teman-teman lama yang hampir hilang tertelan bumi. Hehehe… tiba-tiba saja ketemu sama teman-teman SD, SMP, SMA dan kuliah akhirnya melalui Fb bisa tahu kabar mereka sekarang, ada di mana, kesibukan apa, anaknya berapa. Tapi sayangnya saya belum menemukan teman-teman TK nih, hehe… soalnya juga sudah lupa siapa aja dan dulu ngapain aja sama mereka:mrgreen:

• Sumber informasi
Fb juga bisa sebagai sumber informasi. Waktu ada bom di kuningan, ada tsunami di Jepang, meninggalnya Adjie Masaid, dll, saya tahu informasi pertama dari status teman-teman di Fb.

• Menyalurkan kenarsisan
Dengan feature album foto, kita dapat mengupload foto-foto pribadi sebanyak-banyaknya. Mulai dari foto kegiatan sehari-hari, foto makanan yang dimakan, sampai foto diri sendiri dalam berbagai pose dan bentuk. Untuk orang yang agak narsis seperti saya, hal ini menyenangkan hehehe… Apalagi sekarang foto bisa diupload dengan mudahnya dari handphone.

• Menghilangkan stress
Fb juga bisa menghilangkan stress loh, saling berbagi cerita atau foto lucu, bercanda bersahut-sahutan komen dengan teman-teman sangat menghibur. Hal itu dapat menghilangkan kejenuhan dalam kehidupan kita yang keras loh, sekeras silet.. (ups)

Efek Negatif :

• Menjadi Fb Addicted
Fb memang bisa membuat kita ketagihan (kita? Gue aja kali) hehehe…
Apalagi kalau abis update status, sebentar-sebentar ngecek Fb mau lihat sudah ada yang komen belum ya hihihi… Kadang-kadang bangun di tengah malam, cek Fb, tidur lagi. Bangun pagi, cek Fb, baru mandi. Berangkat kerja, cek Fb di jalan menuju kantor. Abis ngajar, cek Fb. Fb, Fb, Fb terussss… Update status bisa 3-4 kali sehari. Bisa lupa makan, lupa mandi, lupa segalanya.

• Seperti berada di dunia lain
Dengan tidak sadar, keberadaan kita menjadi antara ada dan tiada. Kita pergi sama teman kemana gitu, tapi tangan kita ngga berhenti-henti Fb-an. Diajak ngomong ngga konsen, diajak lihat-lihat ngga konsen. Sebenarnya perilaku seperti ini ngga sopan kan. Tp kalo udah addict, ngga peduli lah yang penting happy.

• Malas melakukan apa2
Karena tiap hari sudah sibuk dengan Fb maka tidak ada waktu lagi untuk yang lain. Ngga sempat bergaul, ngga sempat pacaran, ngga sempat nulis, ngga sempat update blog hehehe…

• Sering bergosip
Secara ngga sadar, kita jadi sering terpancing untuk bergosip melalui Fb. “eh dia pacarnya baru lagi ya?”, “eh dia ada masalah sama suaminya ya?”, “eh dia lagi berantem sama si anu ya?” dan banyak gosip-gosip lainnya. Walaupun niatnya ngga pengen gosip tapi kadang jadi kepancing juga deh.

• Salah paham
Nah ini dia yang paling ngga enak. Kadang maksud kita bercanda, tetapi salah tangkap. Ada status yang maksudnya untuk hal satu, eh ada yang merasa tersinggung. Atau ada istri yang cemburu karena kita komen di Fb suaminya. Macam-macam lah.. Hal ini kadang membuat hubungan jadi tidak baik, bertengkar dan mulailah kegiatan me-remove atau nge-block Fb orang. Sungguh tidak nyaman.

Yaah itulah beberapa efek positif dan negatif yang saya rasakan selama ini. Belakangan ini saya mulai sadar betapa saya banyak melewatkan hal-hal penting di dunia nyata karena keasikan di dunia maya itu. Bukan salah Fb nya tapi salah saya sendiri sebagai penggunanya yang tidak bijak. Segala hal yang kebanyakan itu ngga pernah baik, bukan? Bukaaann hehehe…. Jadi gunakan Fb seperlunya saja ya kawan… Okaaayyy??? Siiippp..!

April 21, 2011 - Posted by | Opini

9 Comments »

  1. KAlau saya …
    Jujur saja …
    Efek yang paling terasa adalah … Bisa Bertemu dengan teman lama … link satu sama lain … and reunian …

    Dan karena saya dulu seksi dokumentasi … maka FB saya banyak dikunjungi karena mereka ingin lihat foto mereka dulu

    salam saya

    Comment by nh18 | April 21, 2011 | Reply

  2. iya om, salah satu peran Fb itu, mengumpulkan teman2 lama… wah wah serunya nostalgila yaa🙂

    Comment by Enno | April 21, 2011 | Reply

    • Hi f n d my ja riple

      Comment by vipul patel | November 29, 2013 | Reply

      • 9727755077 8758850577 my nambar ok f n d

        Comment by vipul patel | November 29, 2013

  3. Bagi q sekedar pengelemen aja..

    Comment by Jaka segara banyu | December 17, 2012 | Reply

  4. Knl fb bnyak dpt tmn bru bsa cht ma nmbh tmn bsa sling curhat gtu pkonya srsa luas prgaulan gtu

    Comment by Iwan diaz fauzi | January 17, 2013 | Reply

  5. ya baik sich bwatt pngalaman

    Comment by anna_luthfi@yahoo.com | October 9, 2013 | Reply

  6. Nama2 mantan
    igun
    fani
    wandi
    ari
    andri
    hari
    dian
    dimas
    reza
    ok trima kasih

    Comment by Desi ramadhani | October 31, 2013 | Reply

  7. saya sih, ngk terlalu suka. mbk.. fb cuma buat iseng ae

    Comment by bayu | January 4, 2014 | Reply


Leave a Reply

